Renungan

27 Mei 2010

Dan janganlah sebagian kamu memakan harta sebagian yang lain diantara kamu dengan jalan yang bathil dan janganlah kamu membawa ( urusan ) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebagian daripada harta benda orang lain itu dengan jalan berbuat dosa, padahal kamu mengetahui. ( Qs.Al-Baqarah: 188 )

Saidina Usman bin Affan r.a berkata: " Perkara yang paling sia-sia ada sepuluh macam yaitu, orang alim yang tidak dapat dijadikan tempat bertanya, ilmu yang tidak diamalkan, pendapat benar yang tidak dapat diterima, senjata yang tidak dapat dipakai, masjid yang tidak digunakan untuk tempat sholat, mushaf yang tidak dibaca, harta yang tidak diinfaqkan, kuda yang ditunggang, pengetahuan tentang zuhud yang ada hati orang yang cintakan dunia dan umur yang panjang yang tidak dipakai untuk bekal perjalanan menuju kampung akhirat."

Abdullah ibn 'Amr al-Ash r.a berkata: "Sesungguhnya bulan turut menangis karena takut kepada Allah." Demikianlah takutnya makhluk-makhluk, baik yang bernyawa atau yang tidak bernyawa juga para malaikat, semuanya takut kepada Allah bila terciptanya neraka jahanam.

Abdullah bin Umar r.a berkata : " Sesungguhnya hati yang didalamnya tidak ada sedikitpun ayat-ayat Al-Qur'an, berarti hati itu kosong dan rusak, sebagaimana runtuhnya rumah yang tidak seorangpun yang mendiaminya."

Rosulullah SAW. bersabda : " Sholatlah kamu dirumahmu ( yakni sholat sunat ), dan janganlah kamu jadikan rumah itu sebagai kubur ( hanya untuk tempat tidur ).

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan ( yang sebenar-benarnya ). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan. ( Qs. Al Anbiyaa:35 )




0 comments: