Khasiat Buah Mangga

12 Mar 2009




MANGGA,
OBAT TAK TERDUGA



Buah mangga mudah dijumpai di negeri kita. Hasil olahannya bermacam-macam, bisa dibuat rujak, asinan, jus, bahkan keripik. Tak ketinggalan pula, mangga bisa dijadikan sebagai ramuan obat tradisional.


Kandungan dan khasiat Dalam sebuah penelitian, diketahui bahwa mangga berkhasiat mengatur arus energi vital,meredakan batuk, dan memperkuat limpa. Daging biji mangga dapat menggerakkan energi vital, membant sirkulasi darah, dan meredakan rasa sakit. Buah mangga banyak mengandung karbohidrat, glukosa, mangiferin , minyak-minyak volatif, asam organik, vitamin A, B1, B2, dan C. Ekstrak buah mentah dan ekstrak lulit batang, batang dan daun memiliki khasiat antibiotik. Di india, biji mangga juga dimanfaatkan sebagai pangan pada masa paceklik. Daun mudanya dimasak untuk sayuran. Bunga atau kulit kayu yang kering dan perebusan biji mangga digunakan sebagai obat pengelat(astringen) dalam pengobatan tradisional.


Jus untuk obat

Sebelum mengetahui cara membuat jus mangga, ada beberapa tips untuk menyiapkan jus secara umum:

  • Sebaiknya dipilih buah segar, matang dan belum lama disimpan agar mendapatkan jus yang enak dan bermanfaat bagi tubuh.
  • Jus sebaiknya diminum sesegera mungkin setelah jadi, sebelum kandungan vitamin larut dan airnya rusak oleh oksigen, cahaya, ataupun panas.
  • Untuk pemanis sebaiknya menggunakan madu atau gula merah.
  • Warna buah-buahan untuk jus akan lebih cemerlang dan tidak berubah warnanya bila dicampur dengan sedikit air jeruk lemon atau nipis.

Bahan- bahan untuk membuat jus:

  1. 200 gram mangga masak,
  2. 100 gram air hangat,
  3. 1 sdm jeruk nipis, dan
  4. 2 sdm madu.

Cara membuat cukup mudah yaitu memblender semua bahan tersebut. Jus ini bermanfaat untuk mengobati asma, bronkhitis, sesak nafas, dan influenza berat. Dengan cara diminum 2 kali sehari sampai gejala penyakit hilang.


Ramuan Tradisional
Beberapa ramuan mangga untuk mengatasi berbagai penyakit;

  • Peradangan kulit; Ambil 150 gram kulit buah mangga, lalu didihkan dalam air secukupnya. Gunakan air rebusan ini selagi hangat untuk mencuci bagian yang sakit 3 kali sehari. ( ramuan ini juga dapat mengatasi penyakit eksim.)
  • Mengatasi asma; Ambil satu buah mangga segar. Buang bijinya. Setelah itu, makanlah mangga sekaligus bersama kulitnya. Lakukan pengobatan 3 kali sehari, setiap hari. ( Ramuan ini juga dapat mengobati batuk.)
  • Mengatasi busung air; Gunakan 15 gram kulit mangga dan 30 gram daging biji dari satu buah. Kukus dan berikan pada penderita. Lakukan pengobatan 1 kali sehari.

Sangat mudah dan sederhana bukan obat alternatif dari buah mangga? Selamat mencoba!! Semoga menjadi sarana kesembuhan bagi penyakit yang Anda derita.



0 comments: