Ketika Anda Kehilangan Ide Untuk menulis Blog

20 Mar 2009

Pernah merasa bingung atau kehabisan ide untuk menulis pada blog anda? Berikut adalah tips yang mungkin bermanfaat bagi anda:


1. Lihatlah kembali komentar-komentar pada blog anda
Ketika saya kehabisan ide untuk menulis sebuah blog, hal pertama yang saya lakukan adalah melihat-lihat kembali komentar-komentar pada tulisan saya sebelumnya. Dari sinilah kemudian saya mendapatkan sejumlah masukan untuk bahan tulisan saya selanjutnya

2. Berkunjunglah pada blog milik orang lain
Berkunjunglah pada blog milik orang lain, saya yakin anda akan menemukan sesuatu yang menarik untuk dibahas pada blog anda. Tapi cobalah untuk mengulasnya dengan gaya

3. Lihat kembali arsip blog anda
Jika blog anda sudah eksis cukup lama dan dengan postingan yang cukup banyak, lihat-lihatlah kembali arsip blog anda. Siapa tahu anda menemukan tulisan yang perlu di-update. Jika ternyata tidak ada yang perlu diperbaharui atau anda malas untuk meng-update info terbaru, anda bisa merubah tampilan tanggalnya. Sehingga tulisan anda yang lama tersebut akan tampil kembali di halaman muka. Tenang saja, rata-rata pembaca tidak akan menyadari bahwasanya itu hanyalah postingan lama. Karena toh tampil di halaman muka.

4. Periksa email anda
Mungkin sebagian besar pembaca blog anda umumnya berinteraksi dengan meninggalkan comment pada postingan anda, tapi tidak menutup kemungkinan ada sebagian pembaca anda yang berinteraksi melalui email (misal: tanya-jawab seputar postingan anda). Dari sinilah anda dapat mengangkat sebuah topik untuk postingan anda selanjutnya.

5. Lihatlah YouTube
Ketika semua cara diatas belum juga berhasil mengatasi kebuntuan ide anda, mampirlah ke YouTube (atau situs video sharing sejenis). Carilah sesuatu yang lucu atau ide-ide provokatif yang dapat anda angkat pada postingan blog anda




0 comments: