Langkah Pertama Adalah Terpenting

26 Apr 2010

Saya mengetahui bahwa langkah yang paling utama untuk meraih kesuksesan adalah perubahan sikap terhadap orang lain dan kehidupan. Kini makin saya sadari, bahwa ada langkah lain yang jauh lebih penting. Pertama-tama orang harus merubah sikap terhadap dirinya sendiri, bila hal ini tidak dilakukan, langkah-langkah berikutnya jelas tak mungkin, dan banyak orang akan tetap menderita karena mereka mencari kesia-siaan demi kepuasaan bathin.

" Kenalilah diri anda " adalah suatu nasehat yang penuh makna, namun jarang diikuti. Saya sering menemui orang-orang yang tak berbahagia dan frustasi. Tanpa kecuali,mereka memiliki keyakinan yang lemah akan kemampuannya. Mereka beranggapan tak punya kemampuan untuk membentuk kehidupan, sehingga hanya melakukan sedikit usaha. Bukannya orang-orang ini malas atau kurang ambisi. Saya berfikir mereka kurang memiliki pengertian akan daya kemampuannya. Mereka tak pernah mengimpikan, bahwa dunia baru sedang menantinya jika mau memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki. Saya percaya, bantuan terbesar yang dapat diberikan oleh seseorang untuk orang lain adalah membantu merubah cara berfikirnya terhadap dirinya sendiri.

Keadaannya tak akan berubah sebelum opini dirinya diubah.Jika seseorang telah memiliki rekaman kegagalan masa lalu, bagaimana mungkin memiliki gambar diri yang positif???
Mula pengertian bahwa kegagalan merupakan hasil gambar diri yang negatif adalah awalan sehat. Sekarang ia mengetahui, bahwa opini pada dirinya harus diganti sebelum perbaikan terjadi. Kemunduran yang kita alami telah menyusup ke alam bawah sadar,menyebabkan meningkatnya rasa enggan untuk melakukan sesuatu sehingga kegagalan lain pun terjadi secata beruntun.

Obatnya ialah menaati aturan pakainya, yakni terletak dalam menentukan sikap bahwa sukses anda dalam setiap tindakan merupakan kesimpulan yang berkaitan. Hal ini dapat dialami denganmemantulkan pada suatu sukses yang semula anda raih dan resapilah perasaan saat itu. Rasakan jalan itu sekarang,yaitu ketika anda bergerak menuju tujuan. Bertindaklah seolah-olah kesuksesan pasti datang. Katakanlah pada diri sendiri, anda berusaha sehingga memiliki ijin nyata untuk tidak mengulangi kegagalan lagi.


Anda dapat memahami dengan menandaskan bahwa anda bukanlah korban nasib sial. Kini anda dapat menyingkirkan rasa iba-diri dan memandang optimis ke dunia baru. Sekarang , marilah kita berpaling karena pahal sukses jauh lebih besar daripada pahala kegagalan. Dalam menetapkan tujuan,pilihlah yang anda yakini tak mungkin gagal. Hal ini membetuhkan imaginasi positif anda. Di masa lalu anda menetapkan tujuan dengan setengah-setengah, lalu sengaja mencari jalan memblokade perwujudannya. Sekarang anda melakukannya secara terbalik. Anda bertindak seolah-olah hasil akhirnya sudah pasti. Keyakinan dan energi yang dibangkitkan oleh keadaan pikiran akan menghasilkan sukses anda.

Inilah salah satu penggunaan kekuatan pikiran untuk mengontrol dan memperbaiki kehidupan seseorang.

0 comments: