Merenung Itu Bermanfaat

14 Apr 2010

Merenung biasanya dicemooh, bahkan orang yang sering melakukannya dianggap malas dan kurang ambisi. Saya kurang sependapat. Merenung dapat bersifat membangun.

Isac Newton pernah ditanya bagaimana ia dapat menemukan hukum Gravitasi." Dengan merenungkannya," jawabnya.

Ada perbedaan pokok antara merenung dengan sekedar menghayal. Menghayal jelas ingin merubah keadaan, meskipun tidak sungguh-sungguh mengharapkannya. Merenung adalah membayangkan sesuatu yang ingin anda memiliki atau keadaan yang anda dambakan untuk merainya.

"Anda menjadi apa yang paling sering anda pikirkan," kata Emerson. Bila anda terus memberikan perhatian pada sesuatu yang ingin anda raih, maka keberhasilan tidak terjadi secara kebetulan. Tentu saja, keberhasilan ditempa oleh kegagalan maupun kemajuan anda. Hasil akhir tergantung pada pilihan pemikiran anda sendiri.

Sayangnya, merenung menjadi kurang menyenangkan karena banyak orang terpancang pada fakta, bahwa selain bermimpi perlu pula bertindak. Namun, jika orang tetap membuka kemungkinan perubahan dalam hidupnya, hal itu menjadi wajar untuk bertindak dalam perilaku yang paling cocok baginya. Bila orang bertambah tua, harapan untuk meraih yang lebih baik telah sirna. Merenung menjadi lebih terpancang pada masa lalu daripada masa datang," yang telah terjadi " menjadi yang mungkin terjadi.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memulai memikirkan diri sendiri seolah-olah menjadi orang yang ramah. Dengan menggunakan imajinasi, perubahan besar dapat terjadi dalam kehidupan seseorang. Dia harus membayangkan dirinya dikitari oleh orang - orang yang ramah. Perubahan drastis dalam benak seseorang sesungguhnya membangunkan alam sadar. Bila seseorang merubah diri dalam dirinya dimulai dari perubahan cara berfikir maka keadaan luarnya akan berubah. Dia segera akan menemukan dirinya terlibat dalam kegiatan yang sangat berbeda dengan sebelumnya.

Bila pendapat terhadap diri sendiri adalah rendah, maka haruslah dibangkitkan. Ini dapat dilakukan dengan merubah cara berfikir negatif menjadi cara berfikir yang positif.

Jangan takut merenungkan masa depan yang lebih bahagia. Bila orang berhenti bermimpi, biasanya suatu tanda dia kehilangan harapan. Dalam keadaan ini, penarikan diri dari kehidupan akan terjadi, mungkin secara tak sadar dan kesempatan untuk meraih keberadaan yang lebih baik telah punah.

Amat disayangkan, bahwa pada usia muda kita tidak didoktrinasi tentang pentingnya pikiran kita. Orang yang depresi dan sendiri, melihat dirinya dan mengatakan: " Memang benar saya tidak mempunyai teman, dan saya depresi." Jika dia tidak merubah keyakinannya, maka tiada suatu pun yang akan terjadi.

Ketahuilah, bahwa anda telah mengatur gaya - gaya gerakan dan segala sesuatu yang anda kehendaki telah tersedia. ( Teman tak lebih dari seorang yang pernah anda jumpai ). Dan ini adalah salah satu pepatah kesukaan saya : " Tiada hal yang tak menarik, yang ada hanya orang yang tak tertarik."






0 comments: